5 Hal yang harus diperhatikan saat membeli domain

5 Hal yang harus diperhatikan saat membeli domain

Membeli nama domain merupakan langkah yang menarik bagi bisnis baru, tetapi ada hal yang lebih penting daripada sekadar menemukan nama yang tepat. Sebelum memulai, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Tidak semua perusahaan yang menjual nama domain (disebut sebagai registrar domain) itu sama. Sebagian menggunakan taktik seperti menyembunyikan biaya atau menjual data Anda untuk mendapatkan uang, dan hal ini dapat menimbulkan dampak jangka panjang pada bisnis Anda. Kabar baiknya: Dengan beberapa tips sederhana, Anda bisa tahu hal yang harus diwaspadai sebelum membeli domain.

1. Waspada terhadap biaya tersembunyi

Dalam membuat keputusan pembelian, harga bisa menjadi faktor utama. Orang mudah terpancing untuk membeli domain dengan harga sangat rendah. Tapi jangan tertipu: beberapa registrar domain menawarkan harga promosi dengan biaya sangat rendah, namun kemudian menyembunyikan banyak biaya dalam kontrak, mengikat Anda, kemudian mengenakan tarif perpanjangan yang tinggi. Secara umum, ingatlah bahwa registrar yang menawarkan harga domain sangat rendah mungkin memiliki cara lain yang kurang etis dalam menghasilkan uang. Taktik ini meliputi:

Menambahkan biaya tersembunyi
Banyak registrar yang mengandalkan fakta bahwa kebanyakan orang tidak membaca persyaratan secara mendetail. Sebelum melakukan pembelian domain, tinjau "Persyaratan Layanan" registrar untuk melihat apakah ada persyaratan, kewajiban, atau biaya yang meragukan. Pastikan untuk memeriksa tarif perpanjangannya, dan pastikan Anda hanya membeli yang dibutuhkan dan diinginkan.

Memaksa Anda membayar untuk mengedit listingan WHOIS atau RDAP yang dimiliki
Detail setiap pendaftaran domain harus dipublikasikan dalam direktori publik WHOIS dan RDAP, dan Anda harus bisa mengubah detail ini sesuai kebutuhan, tanpa biaya tambahan. Hati-hati dengan registrar yang membebankan "biaya administrasi" saat Anda perlu mengedit data WHOIS atau RDAP.

Add-on dan fitur ekstra
Registrar sering kali mencoba melakukan "upsell" atau "cross-sell" hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Misalnya, mereka mungkin menyarankan agar Anda membeli akhiran domain tambahan yang tidak relevan dan tidak berguna (seperti .info atau .co). Atau, mereka mungkin menawarkan untuk menggabungkan domain Anda dengan sejumlah layanan lain yang mungkin tidak akan pernah Anda gunakan.

Mengenakan biaya transfer
Mentransfer domain Anda ke registrar lain mungkin akan Anda lakukan di masa mendatang. Pastikan "Persyaratan Layanan" tidak mensyaratkan biaya "transfer keluar" untuk memindahkan domain Anda ke registrar lain. Biaya ini bisa sangat tinggi dan melanggar kebijakan ICANN (ICANN adalah organisasi nonprofit yang mengawasi penggunaan domain Internet). Selain biaya, beberapa registrar membuat transfer hampir tidak mungkin dilakukan, dengan membuat proses transfer yang rumit dan sulit digunakan. Sebaiknya lihat dulu tingkat kemudahan proses transfer sebelum memilih registrar.

Baca juga: Negeri ini Memerlukan Ayah Hebat

5 Hal yang harus diperhatikan saat membeli domain

2. Lindungi privasi Anda

Karena detail domain adalah data publik di direktori WHOIS dan RDAP, banyak bisnis yang memilih untuk menyimpan informasi pribadinya sendiri. Data yang tidak dilindungi rentan terhadap pencurian data oleh pelaku spam dan scam. Carilah registrar domain yang menawarkan perlindungan privasi secara gratis. Waspadalah terhadap registrar yang mengenakan biaya premium untuk "layanan privasi", terutama yang menawarkan untuk menggunakan data mereka di registry semacam ini sebagai ganti data Anda. Hal ini diam-diam akan menjadikan mereka pemilik domain tersebut.

3. Lindungi data Anda

Selain gagal melindungi data pribadi Anda dari data publik, beberapa registrar menjual data Anda ke pihak ketiga seperti organisasi pemasaran. Sebagian registrar bahkan memanfaatkan database WHOIS dan mengirimkan invoice perpanjangan palsu, sehingga membuat orang tanpa sadar mentransfer domainnya. Pastikan untuk mencari registrar yang berjanji tidak akan menjual atau menyalahgunakan data pelanggan untuk tujuan pemasaran.

4. Fokus pada transparansi

Carilah registrar yang menawarkan transparansi dalam hal harga dan praktik yang diterapkan. Misalnya, Anda harus dapat dengan mudah melihat tarif perpanjangan, serta proses untuk mentransfer atau membatalkan pendaftaran domain Anda. Sebagian registrar menawarkan pendaftaran murah untuk pembelian awal, namun kemudian mengenakan biaya tinggi untuk perpanjangan domain. Mereka juga dapat membuat proses pembatalan pesanan jadi sangat sulit dilakukan. Cari registrar yang menyediakan informasi harga dan persyaratan layanan di muka untuk menghindari hal-hal yang tak diharapkan di kemudian hari.

5. Bedakan dukungan dengan penjualan

Beberapa registrar tidak memiliki staf dukungan, tetapi ada tenaga penjualan yang dilatih untuk meminta Anda membeli layanan add-on yang mungkin tidak Anda perlukan, sambil berpura-pura menawarkan dukungan pelanggan. Baca ulasan tentang tim dukungan registrar Anda, atau coba hubungi nomor dukungan mereka sebelum melakukan pembelian. Anda harus mencari registrar yang menawarkan layanan dan bantuan yang sopan dan profesional, bukan yang memandang Anda sebagai mesin uang yang dapat terus menghasilkan keuntungan.

Membeli nama domain harus menyenangkan dan mengasyikkan

Sebagai tonggak penting dalam perjalanan suatu bisnis atau usaha online yang baru, membeli nama domain haruslah menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan mencari informasi yang cermat sebelum memilih registrar domain, Anda dapat terhindar dari jebakan yang tidak menguntungkan dan memastikan domain serta bisnis Anda ditangani dengan baik selama bertahun-tahun ke depan.

Membeli Domain

Di Google, transparansi, privasi, dan keamanan merupakan bagian dari misi kami. Pelanggan yang menggunakan Google Domains akan mendapatkan rangkaian lengkap layanan gratis, termasuk perlindungan privasi, tanpa biaya tersembunyi. Jika Anda ingin membandingkan opsi yang tersedia, silakan pelajari Persyaratan Layanan Google Domains.

Siap memulai dengan registrar yang bisa Anda percayai? Mulai penelusuran domain Anda sekarang di domains.google.

Sumber Informasi dari Google Domain

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *