Cara Membuat Landing Page Wordpress Gratis Bagian 1

Membuat Landing Page Wordpress biasanya dipilih karena alasan gratis. Sebabnya, membuat landing page secara khusus dalam website kadang harus mengeluarkan biaya khusus. Dalam praktik bisnis online, peran landing page sangat vital demi menarik jumlah pengunjung sebanyak mungkin untuk tujuan komersil.

Apa Sih Landing Page Itu?

  • Umumnya masih banyak yang tak bisa membedakan antara landing page dengan home page/beranda. Meskipun ada beberapa website yang memfungsikan home page sekaligus sebagai landing page. Tapi ada beberapa alasan khusus seperti rancangan home page yang hanya punya satu tujuan serta satu konversi bisnis dengan pihak yang mengelolanya. Bagaimana jika tidak? Maksudnya home page itu yang tetap berfungsi sebagai beranda pada umumnya. Maka website itu mesti memiliki landing page.

Landing page merupakan bagian terpisah dari sebuah website yang muncul di laman mesin pencarian atau iklan. Sehingga fokusnya pun terpusat hanya pada satu tujuan seperti registrasi, pengunduhan, dan sebagainya yang terkait praktik bisnis pengelola.

Praktik bisnis online yang hendak digarap dan dikelola secara profesional disarankan menggunakan landing page. Pasalnya, segmentasi dan spesifikasi pengunjung jadi semakin jelas dan memudahkan menjaring mereka sebagai kustomer setia.

Membuat Landing Page dengan Wordpress


Banyak pilihan membuat landing page namun biayanya mesti dipertimbangkan karena mesti dibayar setiap bulan. Nah, kalau menggunakan Wordpress tidak perlu mengeluarkan biaya karena ada tawaran plugin yang dapat dipakai. Caranya cukup dengan instalasi plugin lalu atur sesuai kebutuhan untuk merancang landing page.

Plugin yang dapat dipakai membuat landing page dengan Wordpress adalah Elementor. Plugin ini merupakan page builder yang terbukti bisa mewujudkan landing page gratis untuk website Anda. Selain gratis, semua fitur yang tersedia dapat diakses hanya dengan cara klik dan geser. Anda tak perlu belajar coding untuk mempelajari pemakaian plugin ini. Dan kabar baiknya lagi karena tampilan hasil landing page dengan plugin ini sangat mobile friendly.

Langkah Membuat Landing Page Wordpress


Pertama adalah dengan memastikan tema Wordpress yang cocok. Di antara banyaknya pilihan tema Wordpress, tidak semuanya menyediakan konsep landing page. Jadi, dalam memilih tema Wordpress harus dicek apakah menunjang landing page.

Kalau sudah ketemu tema Wordpress yang dianggap sesuai, tinggal unduh dan pasang plugin Elementor. Proses unduh dan instalasi ini sangat cepat seperti plugin pada umumnya.

Jika semuanya sudah beres,  langsung operasikan pembuatan landing page memakai plugin tersebut. Silakan cocokkan pada tema dan warna, komposisi, dan detil lainnya. Nah, justru bagian yang agak rumit adalah membuat copywriting untuk landing page tersebut. 

Mesti menyesuaikan dulu tujuan dan spesifikasi dari landing page yang hendak dibuat. Oleh sebab itu, silakan cari berbagai inspirasi dari contoh landing page yang relevan dengan tujuan bisnis Anda.

Bersambung ke tingkat berikutnya: Cara Membuat Landing Page Wordpress Gratis Bagian 2

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *